Ikan Bawal Goreng Tepung

Akhir-akhir ini lagi merasa menjadi mamak-mamak banget karena lagi suka eksperimen masak dan mencoba resep-resep baru. Masaknya tentunya di sesuaikan sama bahan yang ada di rumah dan juga yang di bawa sama tukang sayur hari itu. Abisnya kalau udah cita-cita banget eh ternyata kehabisan, jadinya kayak patah hati. *lebay*

Dan kebetulan hari ini Udjo request masak ikan. Dan ikan yang di bawa hari ini adalah ikan Bawal. Yang lainnya dah habis. Ya sudah.. Kita browsing deh. Nah entah kenapa, agak labil untuk memutuskan resep mana yang di pake. Akhirnya iseng-iseng aja deh cemplang cemplung. Ternyata enaaakk.. Ninka aja sampai nambah berkali-kali. 

Kalo di tanya ini resep dari mana, kayaknya di ingatan aku ini resep campur-campur antara resep ikan goreng sama cumi goreng tepung deh. Gado-gado deh jadinya. Tapi hasilnya ok juga kok. Aku share yah. 
Bahan: 
  • 3 buah ikan Bawal ukuran sedang, sayat-sayat
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Tepung panir kasar (tadi pake tepung untuk tempura)
  • Tepung kanji
  • Tepung beras putih
  • Putih telur
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu di haluskan:
  • 4 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 2 cm kunyit
  • 1,5 sdt ketumbar
  • 1,5 sdt garam
  • merica secukupnya
  • 1/3 cup air
Cara membuatnya:
  1. Bersihkan ikan, sayat, lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan kurang lebih 15 menit. Lalu cuci bersih dan tiriskan.
  2. Lumuri ikan dengan bumbu yang sudah di haluskan, lalu diamkan selama kurang lebih 30-45 menit. Tadi di masukkan ke kulkas.
  3. Campur kurang lebih 1/2 – 1 cup tepung panir (tepung tempura), 1/3 cup tepung kanji, 1/3 cup tepung beras putih, 1/2 sdt garam, aduk rata.
  4. Ambil ikan, celupkan ke kocokan putih telur, lumuri hingga rata, lalu balur dengan campuran tepung sambil di tepuk-tepuk supaya menempel.
  5. Panaskan minyak.
  6. Goreng ikan hingga berwarna keemasan. Angkat lalu tiriskan.
  7. Sajikan dengan nasi hangat, lalapan dan sambal terasi (jika suka).
Hasilnya, ikan-ikan ini langsung habis tak bersisa. Hehehehe…
Selamat mencoba.

2 thoughts on “Ikan Bawal Goreng Tepung

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.