Perbedaan

Punya anak itu adalah suatu anugerah. Dan bikin kita belajar lagi tentang segala hal. Dari sejak masa kehamilan, melahirkan, hingga saat kita membesarkan dan mendidik anak kita itu. Dan di saat kita memiliki anak kedua, lagi-lagi kita belajar lagi dari awal.

Di masa kehamilan, antara yang pertama dan kedua pastinya ada yang berbeda. Kalo di aku, hamil K itu doyaaann banget keluyuran sedangkan pas hamil baby K.. Doyannya leyeh-leyeh dan jadi anak rumahan banget. Hamil K centil banget suka dandan sendiri.. Lah hamil baby K.. Boro-boro dandan.. Pergi pake bedak aja udah bagus.. Malah maunya beli perlengkapan lenong-nya aja. Makenya mah kapan-kapan.. *dipentung Udjo* Dan masih banyak lagi beda-beda yang lain.
Saat melahirkan juga demikian. Kalo pas K, aku akhirnya caesar setelah mencoba untuk melahirkan normal tetapi tidak tambah juga bukaannya. Jadi akhirnya diputuskan untuk melahirkan melalui operasi sectio. Sedangkan pas melahirkan baby K kemarin, setelah berdoa dan berusaha supaya bisa melahirkan secara normal, pada akhirnya di putuskan untuk melahirkan melalui operasi sectio lagi karena prediksi baby K yang sudah lebih besar dari K waktu lahir dulu dan juga ada pengapuran di plasenta. Makanya akhirnya di bongkar lagi.
Masa pemulihan pun berbeda.. Di saat K dahulu, pemulihan agak lama, ditambah ada infeksi pleus baby blues pula. Jadinya lebih lama. Sedangkan pas baby K kemarin, walaupun pas abis operasi aku sempet minta pain killer tambahan, tapi pemulihannya cenderung lebih cepat. Walaupun sempet lukanya ada yang terbuka gara-gara beberapa hari pasca pulang dari RS sempet nekat nyuci baju+jemur ke atas dan ngosrek bak mandi. Hyukkk.. *di pentung lagi sama Udjo* Overall tetep lebih cepet pemulihan pas baby K ini.
Naahhh untuk K dan baby K pastinyaaaa berbeda.. Dulu pas K, ASI aku produksinya biasa aja. Dan kalau di perah, hasilnya paling banyak 70ml. Makanya kalau K nyusu, dia doyan banget kalau lagi dalam keadaan penuh. Nah kalau baby K, tampaknya aku menyusui K 2 tahun lebih itu memiliki dampak juga ke produksi ASI aku. Sekarang produksinya lebih banyak. Bahkan keliatan baby K kayak kewalahan. Kalau di perah, minimal bisa 100ml. Dan karena ini, baby K justru tampak gak suka kalau lagi dalam keadaan penuh. Malah jadi keselek trus gumoh. Jadinya harus di pompa dulu sebelum di kasih ke baby K.
Untuk urusan tidur.. Ini yang seru.. K sudah terbiasa tidur pakai AC. Jadi kalau tidur gak pakai AC, walaupun bisa tetep tidur, tapi dia pasti jadi cacing kepanasan. Dan keringetan berat. Kebalikan dari K, kalau baby K malah bisa anteng kalau tidur gak pake AC. Mungkin karena sejak pulang dari rumah sakit, pas siang baby K suka aku taro di ruang tengah sambil nemenin K yang lagi main. Jadi mungkin karena itu dia juga terbiasa tidur tanpa AC. Bahkan sekarang, kalau mau tidur, kita pasti matiin AC dulu. Pas baby K udah tidur nyenyak baru deh AC dinyalain supaya K bisa tidur. Suhunya pun sekarang kisaran 25-26 aja. Padahal dulu 24 aja kayaknya udah gerah.
Kalau siang-siang begini, agak ribet. Aku ajak K tidur di kamar bareng-bareng baby K. Pas K udah tidur, baby K tiba-tiba bangun dan rewel. Aku bawa keluar kamar dan taro di stroller, langsung blas tidur nyenyak. Lucu deh jadinya.. I have summer baby and winter toddler.. Perbedaan itu seru banget yah.. :))

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.