Ini Batik-ku.. Mana Batik-mu?

Ngomong tentang cinta tanah air alias cinta Indonesia memang gak bakalan ada habisnya. Ada banyak banget cara untuk kita mengekspresikan rasa cinta dan bangga kita terhadap negara kita. Dari memakai produk lokal, liburan di dalam negeri, sampai macem-macem deh pokoknya.

Nah.. Kalau lagi ngobrol ngalor-ngidul sama Udjo, saking concern sama negara *uhuk*, obrolan kita bisa nyerempet-nyerempet ke masalah negara juga. Dari korupsi, masalah sosial, budaya sampai masalah erte erwe juga dibahas. Hyukk…  Jadi ketauan deh kalau dalam hati, kita itu sebenernya Cinta banget sama Indonesia.
Dan ngomongin tentang Indonesia, pastinya juga gak bakalan ada habisnya. Ada banyak banget yang bisa di omongin. Tapi, kali ini, yang mau aku bahas adalah batik.. Kenapa batik, karena batik itu udah di akui UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia, jadi gak salah dong kalau Cinta terhadap Indonesia bisa ditunjukkan juga dengan memakai batik. Selain itu, dengan memakai batik, kita juga ikut serta melestarikan warisan budaya Indonesia. Bahkan, Indonesia sekarang juga memperingati Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober loh.. Jadi gak salah kan kalau aku bahasnya batik. Ya kan ya kan ya kan..
Aku dan Udjo adalah termasuk penggemar batik. Tapi lucunya walaupun sama-sama doyan sama batik, kita cuma punya beberapa yang kembaran. Entah karena pas beli pas lagi gak ada ukurannya atau beli bahan, tapi gak sempet-sempet jahitnya. *sigh*
Untuk acara formal, kalau aku, selain pakai kebaya ya pakai batik. Tapi kalau Udjo, dia jauuuuuuhhhhh lebih memilih batik dari pada harus pakai jas. Tapi jangan salah… Batik bukan untuk acara formal doang kok. Selain untuk acara formal, untuk sehari-hari di rumah, paling enak ya pake daster batik. Selain adem, juga murmer.. Pilihannya juga banyak. Biasanya nih kalau aku udah jalan-jalan dan nemu daster batik untuk aku atau K, bisa kalap deh beli banyak.. *dipentung Udjo*
Pokoknya batik itu paling universal deh.. Pakai buat formal bisa, santai bisa, sehari-hari juga bisa. Tergantung bahan, motif dan modelnya aja. Dan kalo ngomongin motif batik, wuidiihhh… Buanyaakkk… Jadi jangan takut kehabisan motif deh.. Tiap motif batik itu unik. Memiliki cerita sendiri, memiliki kekhasan sendiri dan tentunya memiliki daya tarik sendiri. Jadi jangan takut deh kehabisan motif batik. Karena ada banyak banget. Banyak corak dan warnanya pulak. Dan.. Selain corak dan motifnya yang beragam, yang paling menyenangkan dari batik adalah kalau pakai batik, gak bakalan deh kelihatan malu-maluin.
Nah gara-gara doyan batik, tanpa sadar, kita berdua sudah “menularkan” kesukaan kita terhadap batik ke K. Dari kecil, K udah suka banget pakai batik. Apalagi untuk sehari-hari. Suka banget dia pakai batik. Sekarang kalau abis mandi dan lihat ada batik di lemari, langsung deh request “Pakai batik tantik”.

Bahkan Udjo yang gak doyan belanja-pun akan tergoda untuk belanja kalau dia lagi pas window shopping tau-tau nemu toko batik. Dan ini baru banget kejadian *lagi* pas dia harus nunggu pesawat ke Jakarta dari Jogja. Pas lagi jalan-jalan di airport, masuk toko, lihat dress batik untuk K, jatuh hati, langsung dibeli. Hehehe..
Sampai rumah, K excited banget lihat oleh-oleh dress dari papanya. Dan langsung gak sabar mau pake. Pas di pakai-pun dia gak mau ganti baju. Karena seneng banget sama dress batiknya yang baru. 🙂
Berbicara tentang batik, sekarang lagi ada event bagus nih yang berlangsung sampai 30 April 2012.. Namanya “Satu Batik Jutaan Jari” yang diadain sama Bodrexin. Jadi, Bersama Bodrexin Satu Batik Jutaan Jari, mommies bisa ikutan berikan cap sidik jari anak untuk jadi bagian dari desain batik terbaru Indonesia. Info lebih lengkapnya bisa di lihat di fanpage Kebaikan Bodrexin atau di twitternya @tentangkebaikan. Oh iya, selain itu, mereka juga ngadain acara roadshow-nya loh. Di acara roadshow itu anak-anak peserta akan mendapatkan workshop batik, juga ada talkshow, games hiburan dan juga bisa langsung memberikan cap sidik jarinya untuk Batik Indonesia.. Seru kan.. :))
 
Naaahh.. Lain batik, lain juga anak-anak.. Kalau ngomongin anak-anak, pasti juga gak akan ada habisnya deh. Apalagi perkembangan anak itu seru banget. Each baby was born without a textbook. Jadi sebagai orang tua kita harus belajar banyak dalam membesarkan anak kita. Dan buat aku, lebih enak belajar dan cari info dari sharing para mommies. Sebenernya sekarang udah mulai banyak portal-portal online untuk menampung sharing para mommies ini. Tapi buat aku, aku ngerasa lebih nyaman untuk nyari informasi di MommiesDaily. 
 
Gak cuma sharing tentang perkembangan anak aja, sharing tentang macem-macem prahara yang dihadapi dalam menjalani kehidupan sebagai ibu juga ada. Tentang ART, tentang sekolahan, fashion anak, trend parenting terbaru, dan masih banyak lagi. Pokoknya, kalo mau nyari info apa aja, kita tinggal ubek-ubek deh tuh websitenya. Kalau gak ada di artikelnya, tinggal cari deh di forumnya. 
 
Oh iya.. Di forum-nya  MommiesDaily ada salah satu thread favorit aku. Yaitu tentang  Kid’s Today’s Outfit.. Disitu para mommies bisa posting foto-foto anak-anaknya yang lucu-lucu itu. Dan biasanya, lumayan banget tuh untuk ide contek mencontek padu padan baju anak. Daaaaaan ini dia Today’s Outfit-nya K memakai batik.. Cantik kan.. :))
 
 
dress batik : Saptohoedojo Art Gallery
bracelet: oleh-oleh dari Mekah
sandal : Airwalk

 

Ini Batik-ku.. Mana Batik-mu?

5 thoughts on “Ini Batik-ku.. Mana Batik-mu?

  1. K lucu banged. ih ngmongin soal negara…diriku pun cinta sama Indonesia. Cinta sekali. Banyak banged orang luar (bukan WNI) yang kita kenal bilang mereka tuh cinta banged sama Indo dan pingin pindah tinggal di Indo. Sayangnya sayang disayang ya itu…Ntah kenapa makin ke sini kog ya makin carut marut 🙁

  2. @Indah<br />Terima kasih tante.. :))<br /><br />Iya.. Kalo ngomongin tentang negara, emang gak ada habisnya. Keadaan yang makin berantakan ini nih yang sebenernya disayangkan. Padahal mah, sebenernya banyak banget yang bisa di banggain. Apalagi alamnya, budayanya (yang baik yah, bukan korupsiongnya). Sayang aja kondisi negaranya berantakan. Moga-moga nanti bisa ada perbaikan. Capek juga kalo

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.