K’s Toilet Training

Akhirnya sekarang dengan bangga dan lega, aku + udjo bisa menyatakan bahwa K sudah lulus toilet training dan sekarang sudah diaper free.. *joget-joget* *lempar confetti*

 Sebenernya aku udah lama banget pengen menerapkan toilet training (TT) ini ke K. Bahkan sempet pas K usia sekitar 8 bulan pas dia udah bisa duduk sendiri, sempet aku ajarin untuk pupi di potty. Tapi karena masih kecil ya di kamar. Jadi tiap bangun tidur pas lihat dia udah mulai meringis-meringis, aku langsung ajak deh K duduk di potty. Dan gak lama diapun meringis-meringis dan mulai prosesnya.
Tapi ya itu.. Saya adalah ibu yang kurang konsisten dan agak pemalas. Jadinya sempet rajin tapi abis itu miss, dan akhirnya miss terus.. *sigh*.
Untuk masalah pi2s juga demikian. Memang kita tau kalau untuk mengajarkan anak pi2s di toilet itu agak lebih rumit. Dan kendala aku juga waktu itu adalah K yang masih belum mau ngomong banyak. Jadi masih isyarat-isyarat cinta aja. Makanya aku gak jadi-jadi juga deh TT-nya.
Sempet juga aku nekat K langsung lepas diaper pas dirumah. Jadi sempet deh tuh kejadian dia pi2s di celana dan dilantai, dan di mana-mana. Bahkan sempet dia kepeleset karena pi2snya sendiri. Dan ujung-ujungnya malah sempet jadi takut kalo mau pi2s. *hiks* Sejak itu, kita masih biarin aja K pakai diaper kemana-mana.
Sampai beberapa minggu kemarin. Sejak awal tahun, perkembangan kosa kata K meningkat tajam. Bahkan dia kadang-kadang menggucapkan kata yang kita kira dia gak tau dan belum mengerti artinya. Dan waktu itu K juga sudah mengerti kata habis. Eh pas banget diaper di rumah habis, Udjo sering keluar kota dan aku mabok dirumah yang berakibat akhirnya kita gak beli diaper buat K.
Setiap dia lihat bungkus pospak-nya yang sudah mulai menipis (dan akhirnya kosong) dia selalu bilang “pampa habis”. Dan akupun “memanfaatkannya” dengan bilang karena pampa habis, jadi K harus pi2s dan pupi di kamar mandi yah. Supaya gak kotor, karena pampanya habis. Dan mulailah K mau untuk diajak ke kamar mandi setiap kali dia mau pi2s.
Memang sempet beberapa kali kebablasan dia pi2s di celana. Tapi itu gak lama, karena abis itu dia jadi belajar rasanya kalau dia mau pi2s. Dan akhirnya setiap kali dia mau pi2s dia selalu heboh ngajak dan narik kita ke kamar mandi. Awal-awal dia juga sempet “mengingkari” rasa mau pi2s itu. Dia malah joget-joget menahan pi2snya. Lucu banget kalo liat dia udah joget-joget gitu. Hehehehe.. Tapi berkat diingetin untuk selalu bilang ke kita kalau mau pi2s atau pupi, sekarang tiap dia mau ke toilet, dia langsung ngajak kita ke toilet.
Lain pi2s, lain lagi pupi. K sempet juga mengingkari kalau dia merasa mau pupi. Tiap kali aku lihat dia udah meringis-meringis gitu, aku langsung ajak dia ke kamar mandi. Beberapa kali dia kekeuh gak mau. Tapi akhirnya pas aku diemin dan ujung-ujungnya dia pupi, diapun belajar lagi kalau apa yang dia rasakan sebelum itu adalah rasa mau pupi. Dan akhirnya diapun mulai menyadari dan gak mengingkari lagi. Walaupun demikian, masih sering juga sih dia iseng bilang mau pupi dan ngajak kita ke kamar mandi, padahal dia cuma mau main air. *tepok jidat*
Sebetulnya udah hampir 2 minggu K diaper free, tapi aku baru bener-bener lepas diapernya itu pas dia ke bogor Sabtu kemarin. Sebelumnya kalau kita pergi, dia tetep dipakein diaper, tapi mungkin karena dia udah merasa “jijik” dan terbiasa pi2s/pupi di toilet, jadi dia gak mau deh pi2s/pupi di diaper lagi. Bahkan aku sempet terkagum-kagum pas tau ternyata K bisa nahan pi2snya.
Dan hari sabtu kemarin, dia perdana pergi ke bogor sama Ninka tanpa diaper. Awalnya Ninka agak kaget pas aku bawain travel potty favnya K, ternyata pas dijalan terbukti bermanfaat. Dan hari itu K selalu pi2s/pupi di toilet.
Portable travel Potty-nya K
Hari minggu kemarin pas aku dan Udjo jalan-jalan pun juga begitu. K selalu pi2s di toilet. Bahkan dia juga mengerti ketika terpaksa menahan sebentar karena harus antri toilet dahulu. Oiya.. Salah satu yang juga mendukung keberhasilan TT-nya K ini adalah travel potty yang aku beli di Clodi Addict. Aku beli travel potty yang gambarnya kucing. Jadilah setiap K mau ke toilet, dia selalu minta potty yang gambar kucing.
Dan karena K udah diaper free, sekarang aku+Udjo juga mulai membiasakan ke K kalau mau pergi harus pi2s dulu. Jadi pas di jalan gak terbirit-birit deh kalau tiba-tiba mau pi2s.
Ah.. Waktu berjalan cepet banget. Sekarang K sudah diaper free. Sudah mulai bisa mandiri. Tinggal ngajarin gimana caranya dia melakukan itu sendiri aja nih. Tanpa bantuan kita harus naik dan turun di atas toiletnya. I am trully a proud mommy.. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.