Browsing Mengenai Kelahiran

Berhubung saya lagi gak ada kerjaan *baca lagi males-malesan* jadilah iseng browsing-browsing tentang kelahiran. Sebenernya sih lebih karena penasaran tentang Gentle Birth dan Lotus Birth. Inipun karena baca di artikelnya The Urban Mama kemarin tentang Lotus Birth. Jadilah hari ini iseng-iseng browsing tentang Lotus Birth, Gentle Birth dan Water Birth di forumnya TUM.

Dan.. Semakin di baca, semakin banyak browsing, semakin pusing kepala.. Yang jelas sih udah rencana banget mau ikut seminar hypnobirthing. Tapi kapannya belum tau. Dan baca-baca katanya kalo ikut seminar hypnobirthing ini bagus juga kalo ikut seminar self healing. Makin banyak deh tuh deretan list seminar yang dipengenin.
Aku pribadi berhubung lahiran K melalui proses caesar, jadi kepengennya untuk anak kedua nanti bisa melalui proses kelahiran normal alias VBAC. Dan sejauh ini masih yakin bisa VBAC. Inshaallah bisa tercapai. Amin.
Nah berhubung sering denger kalo mau VBAC, prosesnya harus mulus kayak jalan tol alias gak pake induksi, vaccum, dan lain sebagainya, makanya sekarang udah mulai centil nyari-nyari info tentang VBAC dan proses kelahiran normal.
Nyangkutlah tentang waterbirth ini. Jadi tertarik sama proses waterbirth. Apalagi yang dilanjutin sama Lotus Birth. Kalo menurut penerawanganku sih kayaknya Udjo gak bakalan keberatan, selama istrinya yakin sama pilihannya dan tau resikonya. Dan mengenai Lotus Birth kayaknya dia juga gak masalah. Seperti biasa, yang bakalan jadi “ganjelan” adalah sekitar. Yah namanya juga hal yang gak biasa ada. Jadinya begitu deh.
Selain itu, aku makin tertarik sama Lotus Birth apalagi karena dengan Lotus Birth, jadi gak sembarangan orang main gendong-gendong babynya. Bukannya gak boleh. Tapi gak suka aja kalo bayi lagi anteng tidur di tempat tidur trus di udak-udak dan di gendong-gendong. Itu gengges.
Cumaaaa.. Masalahnya adalah.. Belom nemu nih tempat yang bisa provide tentang Lotus Birth ini di jakarta. Kalo di Bali mah ada beberapa. Di Klaten juga ada. Herannya di jakarta tampaknya belom ada nih. Kalo home birth kayaknya aku gak berani, selain gak pede juga karena sarana kurang memadai. Jadi mendingan cari tempat yang bisa akomodir aja. Tampaknya mau ngelirik-ngelirik ke SamMarie nih.. Tapi jadinya pindah dsog lagi dong..
Yah kita lihat sajalah perjalanan ini akan membawa bumil ini kemana dan proses kelahiran mana yang akhirnya dijalani oleh bumil ini.. InshaAllah itu adalah yang terbaik. Amin.

2 thoughts on “Browsing Mengenai Kelahiran

  1. hall mamir..salam kenal..dr TUM langsung melipir kesini.. wah samaan nih rencana kita, anak k2 pgn WB, WB yg terkenal emg di sammarie ya mak, huhu tp jauh dr rumah yg dicibubur 🙁 sehat terus ya kehamilannya 🙂

  2. @ecy noverto<br /><br />hallo juga.. sama-sama yaa.. iyaaa.. ini juga lagi mikir2 di sammarie juga lumayan jauh dari rumah.. Mikir2 lagi deh jadinya.. ihiks..

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.