Kosakata K

Hmmm.. Kayaknya aku jarang banget posting tentang kosakata-nya K deh *toyor kepala sendiri*. K termasuk yang bicaranya agak lambat. Sekarang juga belum terlalu banyak, dan masih belum merangkai sebuah kalimat panjang. Baru 2 atau 3 kata dan masih sepotong-sepotong katanya. Ini masih jadi PR buat aku dan Udjo nih. Untuk stimulasi K supaya semakin lancar bicara. 

Tapi memang kalo aku dan Udjo lihat, K itu termasuk yang “menyerap” dulu semua. Karena beberapa kali tiba-tiba K ngomong kata yang kita tidak omongin saat itu, tetapi bisa dengan tepat menjelaskan apa yang dia maksud. Dengan kata lain, dia sudah mulai paham penempatan kata itu.
Hmmm.. Mari berhitung, apa aja yah yang udah di omongin sama K.
Nana : K
Mama – Mamanun – Mamaku – Maku : panggilan ke aku
Papa – Papajo- Papadut : panggilan ke Udjo
Nin – Ninka – Nika : panggilan ke Enin
Chi -Nchie : panggilan ke aunchie
Da – Nda – Bun – Bunda : panggilan ke bunda
Bapak : panggilan ke Aki
Bubu : bubu (boneka K)
Dudu : dudu (boneka K)
Haha : Lala (boneka K)
Dah : Sudah
Gamau : tidak mau
Nyum – Num : minum
Mamam : makan
Kuah : sop – kuah (mayoritas makan selalu dia bilang kuah, karena sukanya makan yang berkuah)
Ck ck ck (sambil menjentikkan jari) : kucing
Bebe : bebek
Bap : bak
Mini : Minnie mouse
Kung : mobil/motor
H h h h : anjing
Juju : juju (burung piaraan di rumah)
Tutu : susu
Tutah : susah
Kakak : kakak
Tua : tua
Dua : dua
Dela : jendela
Nene’ : nenek
Dede’ : adik
Nyenyen – nenen : menyusu
Kuat : biskuat (biskuit/yogurt)
Buku : buku
Kupukupukupuku : Kupu-kupu
Kuku : kuku
Tut : Kentut

Hmmm.. Apalagi yah.. *mamanya keder*.. Nanti kalo inget di update lagi deh.. K selama ini memang lebih banyak memberikan bahasa tubuh dibandingkan dia ucapkan kata-kata. Kayak mobil, selain dia ngomong kung-kung, dia juga memeragakan ketika kita menyetir (untuk mobil) atau ketika memegang stang (untuk motor).
Tampaknya masih banyak lagi yang harus di kejar nih.. Ayo K.. Smangaaattt… 🙂

4 thoughts on “Kosakata K

  1. Mamir kalo aku boleh ikutan saran niih, coba mamirnya lebuh cerewet, soalnya aku dikadi tau dulu ama guru d baby schoolnya abang, banyak anak yang kaya K kasusnya ternyata karena dirumah kan sepi dia gak bisa imitating siapapun..<br />Terus juga dipijet2 lembut dibawah rahang dari bawah telinga sampe janggut gitu mamir..<br /><br />InsyaAllah bentar lagi K buuuanyak omong sampe mama n papa

  2. @Dhira<br />Iya nih.. Emang mamaknya K ini kurang cerewet. Padahal udah berusaha cerewet, tapi tampaknya masih kurang cerewet. Amin.. Terima kasih ya bun.. I&#39;m lucky, and so are you.. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.