Our Holiday: Bali Safari and Marine Park

Hari ketiga kita di Bali, kita pergi ke daerah Gianyar, kali ini ke Bali Safari and Marine Park. Perjalanan dari hotel ke Bali Safari Marine Park cukup lancar. Dan tanda petunjuk arahnya juga jelas. Jadi gak susah nyarinya.

Sampai disana, kita langsung parkir mobil, lalu beli tiket masuk. Tiket masuknya berupa wristband. Dan kalau kita tetep pakai wristband itu, bisa dapet diskon di beberapa outlet di luar Bali Safari and Marine Park.

Facilities

Tiket masuknya, kita beli yang Safari Explorer aja. Per pax IDR 135.000. Kalau K masih gratis karena di bawah 3 tahun. Selain yang Safari Explorer ini juga ada paket-paket lain. Nah sebenernya ada promo buy one get one dari bank mandisendiri.. Tapi harus belinya yang paket khusus. Itu harganya IDR 250.000. Tadinya kita mau ambil yang itu, tapi akhirnya gak jadi.

Fresh Water Aquarium

Dari pintu masuk, kita naik kendaraan khusus untuk ke dalam. Kita turun di Terminal Bali. Nah dari situ, Masuk ke Lobby Barong. Dari lobby itu, baru terbagi, bisa ke Fresh Water Aquarium atau Safari. Di Lobby itu juga ada penyewaan stroller. Sempet ngintip rentalnya IDR 100.000. Strollernya bagus-bagus dan tampak masih dalam kondisi ok.

Di Bali Safari and Marine Park ini juga tempatnya sangat stroller & wheelchair friendly. Ada jalur khusus untuk stroller dan wheelchair. Nursing room juga ada. Cuma sayang, kemarin aku sempet mau nyobain ganti popok di nursing room bagian depan deket pintu masuk, tapi karena jadi satu dengan locker karyawan, kemarin pas aku masuk ada karyawan laki-laki yang abis makan siang merokok disana. Ruangannya bau agak bau apek, bau makanan dan bau rokok. Bikin ilfil. Langsung gak jadi. Jadinya milih ganti popok di mobil aja. Makanya gak sempet fotoin  nursing roomnya, karena udah kadung ilfil.

Dari lobby Barong, kita masuk ke bagian Safari. Nah kemarin, kita gak terlalu eksplor banyak di sana. Kita juga gak ke waterpark-nya karena kita mau berenang di hotel aja. Gak jauh dari lobby, ada Animal Encounter atau tempat untuk foto dengan Simpanse. Kalau mau foto dengan kamera sendiri, dikenakan biaya IDR 50.000/orang, sedangkan kalau dengan fotografer dari Bali Safari hanya IDR 80.000/lembar. 

Deket tempat Animal Encounter ini, ada burung favorit K lagi. Tapi kali ini gak di dalam kandang. Cuma diiket aja di satu besi. Dan K heboh lagi liat Elang-nya. Dia suka banget.

Setelah tempat burung itu, ada panggung tempat show untuk simpanse. Tapi berhubung shownya jam 11.00 WITA, jadi kita gak bisa lihat deh. Karena udah kelewat beberapa jam. Deket situ juga ada tempat untuk lukis telur, dan tempat show Bali Agung.


Kebetulan kemarin kita gak lihat-lihat lagi, dan langsung ke tempat Safari Journey untuk lihat binatang. Safari Journey ini kita naik kendaraan khusus lagi, sama kayak yang dari pintu masuk ke terminal Bali.

Safari Journey ini kita ditemenin sama guide yang akan ngejelasin binatang-binatang yang ada di sana dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Kebetulan guide kita hari itu perempuan, dan penjelasannya cukup menarik.



Dari sekian banyak binatang yang ada di Bali Safari and Marine Park ini, binatang yang paling menarik untuk K, selain burung, gajah dan jerapah adalah singa, macan, cheetah dan leopard. Entah kenapa dia tertarik banget sama binatang-binatang itu. Setiap lihat binatang-binatang itu, K langsung heboh. Seneng banget dan terpana banget. Makanya, setelah Safari Journey, kita memutuskan untuk foto dengan baby lion. Setelah antri, dan dapet giliran, ternyata K takut. Akhirnya kita batal deh foto sama baby lion. Fotonya sama posternya aja deh. 

Oiya, di tempat yang baby lion ini, chargenya sama kayak yang tempat simpanse. IDR 50.000/orang kalau foto dengan kamera sendiri dan IDR 80.000/lembar kalau dengan fotografer dari Bali Safari. Tadinya kita mau yang 80k aja, skalian foto bertiga 1 baby lion, tapi karena K takut akhirnya gak jadi deh. Untuk packaging fotonya sendiri cukup menarik dan harganya IMHO masih lebih ok daripada yang di Bali Bird Park.

Setelah foto sama poster baby lion, papa ngajak kita makan siang di Tsavo Lion Restaurant. Restaurant ini adanya di sebelah kandang singa. Jadi kita makan, pemandangannya singa lagi bobo. 

Untuk makanan sendiri disana bisa ala carte atau ambil paket buffet. Kalo buffetnya sendiri IDR 250.000/pax. Berhubung kita mau ngirit, jadi belinya ala carte aja. Aku pesen Tsavo Pizza dan papa pesen spaghetti bolognaise supaya bisa sharing sama K.


Pas kita baru dateng, ada singa yang bangun trus minum di “sungai” kecil deket meja kita. K langsung heboh ngeliatin singanya minum.. K sampai terpana lihat singanya minum. Nah karena  singanya pas deket meja kita, langsung deh meja kita di kerubungi sama tamu-tamu lain yang juga mau foto dan lihat singa yang lagi minum itu.



Untuk harga, memang terasa agak tidak sebanding dengan keadaan restaurant yang tampak agak usang. Tapi memang yang bikin “mahal” adalah pengalaman melihat perilaku singa dari dekat. Walaupun interior agak usang, rasa makanannya masih cukup ok.

Dari Tsavo Lion, kita balik lagi ke Lobby Barong dan menunggu kendaraannya untuk kembali ke pintu masuk dan pulang lagi ke hotel. Oiya,  Bali Safari and Marine Park ini juga menyediakan shuttle service dari beberapa daerah/hotel. Jadi kalau kita gak bawa mobil, kita bisa naik shuttle dari tempat-tempat itu.

 

 

 

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.