Tentang Weaning With Love

Gak kerasa sekarang udah bulan Oktober lagi.. Dan artinya bulan depan K akan genap berusia 2 tahun. Dan saat itu juga artinya InshaAllah genap sudah aku menyusui K selama 2 tahun. Sesuai dengan yang ada di dalam Al Quran. Yaitu menyusui selama 2 tahun.
 

 

Selama ini aku terbiasa menyusui K, jadi belum terlintas bener-bener kalau masa itu akan segera usai. Kalau selama ini aku selalu bilang ke papa, aku akan menyusui K selama dia mau, jadi dengan kata lain K yang akhirnya akan self weaning. Di satu sisi itu memang keputusan aku. Tapi setelah akhirnya aku pikir-pikir lagi, kayaknya dasar aku bilang itu adalah karena aku belum siap untuk weaning K. Jadi kalau K pada akhirnya self weaning, kan nantinya aku hanya bisa menerima. Bukannya harus menguatkan hati mendengar tangis K yang mau menyusu itu.. It’s the other way round if I’m the one who has to do the weaning. Well kurang lebih gitu lah.. *bingung juga jelasinnya*.
Sering denger cerita dari para ibu-ibu yang udah weaning kalau memang keberhasilan utama kalau mau weaning with love itu adalah keikhlasan sang ibu untuk melepaskan masa menyusui-nya. Jadi berhenti menyusui anaknya. Dan ketika Ibu sudah ikhlas, maka InshaAllah jalannya akan lebih mudah. Karena sang anak-pun akan bisa merasakan. Dan setelah itu akan timbul bonding dengan kebiasaan dan bentuk baru yang tentunya juga indah antara ibu dan anak.
Dan sekarang, seiring bertambahnya usia K dan mendekati 2 tahun usia K kayaknya aku masih tetep belum siap untuk melepaskan masa menyusui itu. Bagi aku, saat menyusui itu sekarang semakin bertambah indah. It get’s more and more intense.. Dan karenanya tampaknya masih berat untuk aku bisa menguatkan hati melepas  masa-masa itu. It’s just too beautiful.
I know someday it’ll be over. I know the time will come. But until then, I’ll try to enjoy it as much as possible. Because breastfeeding is beautiful. :’)

2 thoughts on “Tentang Weaning With Love

  1. huhu…terharu. mudah2an sakses ya mom nanti melewati weaning process nya. dulu Atar Alhamdulillah gag terlalu penuh drama *kata drama lagi ngetren ya akhir2 ini* weaningnya karna tauk-tauk dia mau sendiri dan ternyata emang aku udah hamil kedua. ngerasa kali dia.<br /><br />sekarang aku juga nikmatin banged masa-masa nyusuin Ecah. Mudah2an bisa 2th :)<br /><br />cup cup buwat K

  2. @Indah<br />Hehehe.. Iya.. Terima kasih yah.. Moga-moga nanti weaning bisa lancar jaya.. InshaAllah Ecah bisa nyusu juga sampai 2 tahun. Amin.. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.