Ramadhan Kali Ini

Gak kerasa sekarang udah tanggal 21 Agustus.. Ramadhan udah hampir sampai di penghujung. Dan gak kerasa sebentar lagi udah mau libur Lebaran dan udah mau Idul Fitri. Ramadhan kali ini sebenernya gak terlalu berbeda dari Ramadhan tahun sebelumnya. Ramadhan kali ini papa beberapa kali pergi ke luar kota untuk kerja, jadi berpuasa di luar kota. Dan kali ini aku sempet jaga lapaknya Bebibobu di bazaar Ramadhan.

Yang berbeda adalah Ramdhan kali ini aku udah mulai mencoba untuk berpuasa lagi. Walaupun tetep banyak bolongnya. Karena Ramadhan kali ini si bulan yang sudah absen selama 20 bulan akhirnya datang menghampiri. Selain itu, di awal puasa, K sempet sakit, jadi aku akhirnya membatalkan puasa untuk menggeber K dengan ASI.  Tapi selebihnya, aku pengen banget bisa terus berpuasa. Rindu rasanya untuk berpuasa lagi.
Jadi inget. 2 tahun terakhir aku absen berpuasa. Karena 2 tahun yang lalu aku lagi mengandung K, dan tahun kemarin aku masih menyusui K (walaupun sampai sekarang juga masih). Dan jadi inget juga, dulu pernah di “judge” orang kalau aku males berpuasa. Bahwa hamil dan menyusui cuma alesan aku untuk gak berpuasa. Sempet sedih juga. Tapi setelah dipikir-pikir, kenapa juga aku harus sedih. Yang namanya Iman seseorang itu murni urusan pribadinya dengan Allah SWT. Jadi, terserah dia mau “judge” aku apa. Toh itu bukan urusannya. Selain itu, aku absen berpuasa tentu sudah dengan perhitungan dan dengan pemikiran matang sebelumnya. Jadi terserah aja yah dia mau ngomong apa. Eh.. Kok malah jadi misuh-misuh.. Yak kita lanjut aja..
Akhir Ramadhan kali ini dan juga Idul Fitri kali ini kayaknya akan sedikit berbeda. Karena denger-denger keluarga Aki-nya K ada rencana mau ke luar kota sebelum Idul Fitri, dan aku, papa+K tentu saja gak bisa ikutan. Jadi ada kemungkinan Idul Fitri kali ini aku akan masak opor dan kawan-kawannya sendirian *sebelumnya mah nebeng sama enin*. Jadi tantangan nih.. Hehehe.. *pasang iket kepala* 😀
Ramadhan kali ini aku hanya ikut bukber beberapa kali, tapi sempet ikut bukber TUM dan Female Daily. Kalau bukber sama temen-temen sekolah dulu, aku absen *lagi* karena satu dan lain hal. Dan bukber sama sahabat-sahabat pun tahun ini gak ada *sibuk smuanyah euy*.
Hmm.. Apalagi yah.. Ramadhan kali ini yang jelas semakin seru. Apalagi K udah semakin besar. Pas waktu berbuka, dia pasti jadi yang paling sibuk. Sibuk babbling dan sibuk mau nyobain makanan-makanan yang terhidang.. Hohohoho… Lucunya kamu nak.. 🙂
Dan yang jelas.. Ramadhan kali ini aku berdoa, semoga di Ramadhan tahun depan, aku sedang mengandung calon adiknya K. Amin.. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.