Buku Lama

Pagi ini kebetulan dapet schedule ke daerah timur. Muncul ide iseng, ah liat buku dulu ah di situ. Meluncurlah langsung ke toko buku itu. Ternyata buku lama itu masih ada ditempatnya, tetapi beberapa halamannya telah ditulis seseorang, tidak tahu dan emang tidak mau tahu siapa yang menulisnya.

Melihat buku lama itu, teringat semua kisah yang pernah ditulis di buku itu. Mulai dari bab 1 sampai dengan bab terakhir yang harus diakhiri. Tidak terasa ternyata buku itu sudah menjadi teman hidupku selama 22 tahun lebih, banyak sekali kisah senang maupun sedih yang dituliskan di dalam buku itu. Sama halnya dengan buku buku lain, terdapat juga bab kelam di dalam buku itu. Saat ini sulit bagiku mengingat semua kisah senang di dalam buku itu, walaupun sebenarnya banyak sekali kisah senang di buku itu.
Buku itu kini sudah ditulis ulang dan ataupun ditambahkan di beberapa halaman dalamnya serta sampul depannya, antara senang dan sedih melihat perubahan itu. Hanya ada benang tipis yang memisahkan perasaan itu. Kalau ada pertanyaan kepadaku, apakah aku bisa memiliki buku itu, tentu saja jawabannya adalah bisa! Hanya saja kapan waktunya aku tidak tahu.
Akan tetapi timbul pertanyaan ke dalam diri aku sendiri, apakah aku mau memiliki buku lama yang telah dirubah dan atau ditambahkan isinya itu ? Apakah mau memiliki buku baru akan tetapi dengan sampul yang sangat mirip atau bahkan sama persis ? Atau aku beli buku baru saja yang memang antara satu sama lain berbeda ? Saat ini jawaban itu belum bisa aku jawab dengan pasti, akan tetapi untuk saat ini aku memilih untuk memiliki buku baru yang berbeda. Saat ini biarkanlah buku tersebut menjadi teman hidup untuk orang lain, baik orang itu adalah orang baru ataupun orang yang sudah lama aku kenal. Mudah mudahan bab kelam yang ada di dalam buku itu sudah dirobek dan digantikan dengan bab yang tertuliskan kesenangan.

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.