Kelas Dandan Fashionese Daily

Hari Sabtu kemarin aku ikutan Kelas Dandan yang diadain sama Fashionese Daily. Selain karena emang pengen belajar juga karena papa sempet menggagalkan kesempatanku untuk ikut beauty workshop yang diadain Mommies Daily beberapa waktu yang lalu gara-gara papa mendadak harus ke Pekanbaru. Jadinya aku “bales dendam” deh. Begitu dibuka pendaftarannya, langsung daftar untuk 2 kelas. Make-up Playdate (Beginner) dan Intermediate. *niat bener* Alhamdulillah dua-duanya langsung di confirmed masuk dan langsung beresin administrasinya alias bayar..

Beberapa hari sebelum Kelas Dandan, sengaja melipir dulu ke Salon Narsih untuk membentuk alis ulet bulu ini. Selain penasaran, emang udah kepengen dari kapan tau. Baru kesampean kemarin ini untuk membentuk lagi alis ini. Skalian dong.. Biar nanti hasil dendongnya ciamik.. Prikitiwww.. πŸ˜€

Hari pertama adalah Make-Up Playdate. Disini belajar untuk aplikasi make-up step by step. Kali ini yang ngajar adalah Affi, DesZeLL dan Linda. Dan hari kedua adalah Intermediate. Yang ngajar Arty Ardiwinata. Dikelas ini kita belajarnya lebih ditekankan ke eye make-up dan pemakaian bulumata palsu dan sedikit tentang conturing.

Basic dari make-up yang bagus adalah kita harus memiliki kanvas atau dasar yang bagus. Jadi perawatan kulit amatlah penting. Sebelum pengaplikasian make-up, kita harus mengaplikasikan skin care dulu. Mosturizer atau sunscreen, tergantung produk yang biasa kita pakai untuk merawat kulit wajah.
Setelah pemakaian skin care. Dimulai proses mengaplikasikan primer. Gunanya dari primer adalah untuk menjaga supaya make-up lebih tahan lama dan juga untuk membantu “mengkoreksi” kekurangan dari wajah kita. Sebenarnya kemaren dikasih tau warna-warna untuk tone down cuma karena aku lupa jadi bisa cek-cek langsung di forumnya FD aja kali yah.. πŸ˜€

Setelah primer, baru kita mulai aplikasi foundation dengan menggunakan kuas foundation. kuas ini mirip dengan kuas blush-on tetapi bentuknya lebih pipih dan terbuat dari bulu sintetis. Bulunya juga lebih kaku. Pemakaian foundation dimulai di area pipi. Dengan cara menepuk-nepuk halus brush hingga foundie rata, lalu haluskan dengan cara di swipe secara mengambang supaya tidak ada garis-garisnya. Tips dari Mba Arty, setelah pemakaian foundie (dengan kuas atau jari) ratakan dengan sponge, dengan cara di tepuk-tepuk halus dan swipe mengambang supaya lebih halus hasilnya.

Pemakaian foundie sebaiknya dilakukan secara cermat agar hasilnya halus dan merata.Selesaikan dulu satu area baru beralih ke area lain. Jangan lupa bagian leher juga diberi foundie. Untuk shade foundie, cari shade yang warnanya sedekat mungkin dengan warna kulit kita. Caranya dengan mengoleskannya di sekitar rahang atau jawline kita. Dan lihat hasilnya apakah membaur dengan warna kulit kita atau sama dengan area leher kita.

Setelah foundie, kita gunakan concealer dengan menggunakan kuas concealer. bentuknya mirip kuas foundie tetapi ukuran lebih kecil. Caranyapun sama, ditepuk-tepuk halus di area yang mau kita koreksi.Tips dari mba Arty, selain menggunakan brush, bisa juga menggunakan jari tangan. Setelah hasil yang dinginkan sudah tercapai, haluskan garis-garis concealer dengan menggunakan sponge yang di swipe halus di tepi-tepi area yang di berikan concealer. Untuk memilih shade concealer harus juga mendekati warna kulit kita.

Setelah itu, kita lanjutkan dengan pemakaian bedak. Bedak disini sebaiknya loose powder supaya hasil dari make-up kita tidak terlalu “berat”. Atau jika memakai compact powder, gunakan yang compact powder biasa alias tidak mengandung foundie seperti two way cake. Karena jika memakai two way cake, hasilnya akan lebih “berat” dan tidak tampak natural. Pemakaian bedak bisa menggunakan powder brush atau dengan puff. Jika memakai powder brush, aplikasikan dengan gerakan memutar tanpa memberi penekanan. Jika menggunakan puff, tepuk-tepuk halus puff ke wajah agar hasilnya lebih halus.

Setelah itu, kita lakukan conturing. Conturing adalah proses untuk membuatΒ  wajah kita terlihat tiga dimensi. Menyembunyikan kekurangan dari wajah kita dengan shading dan menonjolkan kelebihannya dengan highlighting. Conturing ini tentu saja disesuaikan dengan bentuk wajah. Untuk bagian hidung, cuping hidung diberikan shading. Sapukan kuas conturing brush kearah bawah, lalu buat garis lurus keatas, sehingga nantinya shading akan membentuk huruf “L”. Lalu haluskan tepian conturing itu dengan sponge sehingga tidak terlihat batasnya. Untuk Bagian pipi, berikan shading dari bagian tengah telinga ke arah sudut bibir. Haluskan tepian shading dengan sponge.

Untuk dagu yang berbelah, diberikan shading di bagian luarnya supaya tidak terlalu menonjol. Setelah shading, kita gunakan highlight untuk menonjolkan bagian-bagian tertentu. Berikan highlight di kening, batang hidung, dagu dan bagian atas dari tulang pipi.

Setelah conturing, kita bisa aplikasikan blush-on dengan menggunakan blush brush. Untuk aplikasi dari blush-on ini dimulai dari apple cheek lalu ditarik ke arah telinga. Tinggi atau rendahnya arah menarik, disesuaikan dengan bentuk wajah. tapi kira-kira sekitar 30 derajat. Tips dari mba Arty, jika blush-on terlalu tebal bisa diperbaiki dengan menyapukan loose powder hingga hasilnya tidak terlalu medok.

Lalu kita beranjak ke pemakaian bulu mata palsu.. Disini sengaja kita diajarkan untuk memakai bulu mata palsu dulu sebelum memakai eyeshadow karena memang mau membentuk mata dahulu. Karena jika kita lakukan belakangan, bisa merusak eyeshadow yang sudah diaplikasikan.

picture taken from The Daily Media

Pemakaian ini cukup mudah *uhuk* untuk mba Arty.. πŸ˜€ *ya iyalah*. Diawali dengan memberikan eyeliner dulu di mata kita. Baru kita mulai pemasangan bulu mata palsu ini. Caranya, ukur bulu mata palsu dengan mata kita, lalu jika ada kelebihan, gunting kelebihannya dulu. Beri lem di pangkal bulu mata palsu. Lalu tempelkan bulu mata palsu itu diatas bulumata asli. Sebisa mungkin jangan terlihat jarak antara bulu mata asli dan bulu mata palsu. Tekan-tekan bulu mata palsu tersebut agar menempel. Lalu tekan bulu mata palsu keatas. Berikan lem diujung bulu mata asli, jangan sampai kena bulu mata palsu karena akan membuatnya kaku. Diamkan sejenak, lalu tekan-tekan ujung bulu mata palsu dan ujung bulu mata asli menjadi satu. Ini tujuannya supaya kedua bulu mata tersebut menjadi lebih menyatu.

Setelah itu, berikan lem di bagian pangkal bulu mata palsu. Kemudian tekan-tekan bulumata kearah kelopak. Ini tujuannya untuk “membuka” mata kita. Setelah itu, berikan eyeliner di pangkal bulu mata.

Eye Make-up Intermediate Class

Setelah mata kita sudah di koreksi, berikan primer atau concealer atau foundie di kelopak mata. Primer digunakan jika kita memang menginginkan eye make up yang tahan lebih kuat atau jika kita akan menggunakannya untuk waktu yang lama. Kekurangan dari primer adalah kita harus cepat dan tepat dalam mengaplikasikan eyeshadow dan untuk blending akan lebih sulit. Oleh karena itu, mba Arty menyarankan untuk smokey eyes sebaiknya tidak menggunakan primer, karena smokey eyes memerlukan blending yang sempurna. Contoh primer untuk mata yang bagus adalah Urban Decay, selain itu juga ada produk dari lokal yaitu La Tulipe. Jika kita tidak menggunakan primer, bisa menggunakan concealer atau foundie dengan cara ditepuk-tepuk lembut di bagian kelopak mata.

Picture taken from The Daily Media

Dikelas Make-up Playdate, kita diajarkan untuk memakai warna terang terlebih dahulu di bagian kelopak mata. Lalu di bagian crease dan sudut luar mata diberikan warna gelap. Sedangkan di kelas Intermediate kita diajarkan untuk menggunakan warna gelap (kuat) yang kemudian akan di transisikan ke warna terang, sehingga tercipta gradasi warna yang sempurna.

Untuk eyeshadow ini, pengaplikasiannya menggunakan kuas eyeshadow kecil untuk mengangkat warna atau mengaplikasikan warna, kemudian kuas eyeshadow besar untuk blending dan highlight. Setelah aplikasi eyeshadow, diakhiri dengan memberikan eyeliner cair dan maskara. Tips dari Mba Arty, kalau kita mau pakai eyeshadow warna tua, oleskan loose powder agak banyak di area bawah mata. Fungsinya untuk “menangkap” eyeshadow yang berjatuhan di area bawah mata. Setelah pemakaian eyeshadow selesai, kita “bersihkan” dengan sponge. Hasilnya, bersih.

Hasil Make-up dari Make-Up Playdate

Setelah itu, pembentukan alis. Warna pensil alis tentu saja disesuaikan dengan warna rambut kita. Untuk orang Asia, yang mayoritasnya memiliki warna rambut hitam, sebaiknya tidak menggunakan pensil alis berwarna hitam pekat, karena akan memberikan kesan galak. Lebih baik menggunakan pensil alis berwarna abu-abu supaya terlihat lebih natural. Alis sebaiknya dirapikan atau dibentuk terdahulu. Kemudian isi bagian alis yang supaya mendapatkan bentuk alis yang diinginkan. Cara mengisinya yaitu dengan membuat arsiran yang kemudian di haluskan atau di blending dengan brow brush.

Jika tidak memiliki pensil alis berwarna abu-abu, bisa tetap menggunakan pensil alis dengan warna yang dimiliki. Tetapi pemakaiannya agak lebih tipis, kemudian di blending dengan eyeshadow abu-abu supaya terlihat lebih natural.

Last but not least, pemakaian lipstick. Bisa langsung atau menggunakan lipstick brush. Lipliner bisa digunakan jika memang kita ingin menonjolkan bagian bibir atau jika memang kita mau mengkoreksi bagian bibir. Jika tidak, lipliner boleh tidak dipakai. Untuk warna lipstick sendiri disesuaikan dengan tema dari make-up kita. Jika memang make-up mata kita sudah kuat, sebaiknya warna lipstick jangan yang mencolok. Gunakan warna lembut atau netral. Sebaliknya jika kita ingin menggunakan warna kuat di lipstick, sebaiknya warna eyeshadow lebih soft.

Tips dari mba Arty, jika kita ingin invest brush yang baik, sebaiknya investasi di blush brush dan eyeshadow brush dengan kualitas baik. Selebihnya masih bisa menggunakan brush yang biasa. Karena dengan brush yang baik, maka make-up akan terlihat berbeda.

Seneng banget begitu liat hasil make-upnya. Di kelas Make-up Playdate aja udah keliatan lebih rapi dan beda, begitu di kelas Intermediate, widiiihh… Lebih beda lagi.. Berasa abis didandanin di salon. Cuma bedanya, itu aku sendiri yang dandan *walau dengan sedikit bantuan dari mba Arty*

Dan inilah hasilnya..

Hasil Make-Up Intermediate Class

Tadaaaa… Beda kan… Matanya lebih gimana gitu, tapi tetep keliatan natural.. Oiya, berhubung fotonya dirumah, jadi lipsticknya udah ilang. Dan agak-agak shimmer karena memang aku pake bedaknya yang shimmering.. Ihiyy… πŸ˜€

Di Make-up Playdate kemarin barengan sama Anggi, Sari, Indah dan Sukma. Sedangkan di Intermediate kemarin barengan sama Anggi lagi dan Arienda, Menik dan juga kenalan sama Hany dan Chitra. Ada Darina (Iti) juga tapi sayangnya beda kelas.

Beneran gak nyesel deh ikutan Kelas Dandannya Fashionese Daily.. Kayaknya abis ini langsung melengkapi perlengkapan tempur trus siap-siap ikutan kelas Advance tahun depan.. Ihiyyy.. Senangnyaaa.. πŸ˜€

Oiya.. Kmaren penasaran, pengen tau bisa dandan lagi sendiri apa enggak. Akhirnya bersihin muka, lalu nyoba lagi semuanya step by step dari awal. Tapi skip di bagian bulu mata palsu.. Dan conturing cuma sedikit. Pengen coba agak “tone down” dari yang hasil dandan sebelumnya.

Dan hasilnya, lumayan juga.. Ada kemajuan dari sebelumnya. Cuma jadi ada catetan nih.. Harus beli bedak baru yang gak pake shimmer.. LOL… πŸ˜€

picture taken from The Daily Media

Anyway.. Big thanks to Fashionese Daily yang udah ngadain Kelas Dandan ini.. It’s highly recommended buat yang mau belajar Make-Up.. Oiya.. Terima kasih juga untuk Tupperware atas hadiah goodie bag dan hadiah quiz-nya.. πŸ˜€

*berhubung kmaren gak foto-foto pake bb/kamera aku jadinya foto lainnya bisa diliat di blognya Arienda, Anggi dan nanti di Fashionese Daily*

6 thoughts on “Kelas Dandan Fashionese Daily

  1. cantik deh say make up nya.. walaupun aku udah dedengkot di FD.. join dr 2007.. ga sempet2 ikut kelas dandan.. seru yah? <br /><br />Sekarang makin ga sempet ikutan.. punya baby lagii.. hehehe..

  2. hehehe.. terima kasih.. :)<br /><br />waaahh.. *hormat suhu FD* justru aku baru tahun kmaren ikutan di FD. dan baru tau tentang kelas dandan ini juga baru-baru ini. Seru banget. kalo diadain lagi ikutan ajaa.. Skalian me time.. Hehehehe.. Tapi tunggu Farhan dah agak besar kali yah.. πŸ™‚

  3. haduh haduh keknya butuh juga ney ikut kursus dandan:) Dulu pernah siy diajarin soal grooming dsb, tapi seiring berekor dua ilmunya udah di gantung di puun melinjo :p Tfs yah, daku jadi semangat pengen permak-permak area mata dikit πŸ˜‰

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.