Arti Sebuah Keluarga

Tiba-tiba terlintas di benak, apa sih sebenernya arti sebuah keluarga. Well memang kita itu dilahirkan sebagai makhluk sosial, yang berarti selama kita hidup, kita akan memerlukan bantuan orang lain alias kita tidak bisa hidup sendirian..

Nah lingkungan sosial yang terdekat dari kita tentunya adalah keluarga. Kalau keluarga untuk aku pribadi amat penting. Terutama keluarga inti. Ketika kini aku sudah berkeluarga, hubungan antara aku, suami dan baby K amat sangat penting. Keharmonisan, komunikasi dan kehangatan antara kami sebisa mungkin di jaga agar selalu baik.
Selain keluarga inti (aku, suami dan baby K) ada juga keluarga inti dari masing-masing aku dan suami. yaitu kedua orang tua kami dan juga kakak dan adik kami. Di keluarga aku pribadi, Alhamdulillah keharmonisan keluarga masih terus terjaga. Memang, kami tidak lepas dari friksi-friksi tapi terlepas dari itu, we’re one big happy family..Dan keluarga ini amat sangat berarti untuk aku. They will always be my support system. Dalam artian mereka yang mengerti aku seutuhnya dan kepada merekalah aku bisa mengadu (selain kepada Allah dan suami). Mereka akan menerima aku apa adanya.
Selain keluarga kami, di lingkup keluarga, ada juga keluarga besar. Well keluarga besar kami memang beragam. Beragam sifat, beragam kebiasaan dan juga beragam kepentingan. Tapi yang jelas kami dipersatukan oleh satu darah. Yaitu darah yang mengalir dari kedua orang tua kami.
Ketika sebuah keluarga besar masih memiliki orang tua atau orang yang di tuakan, biasanya mereka akan sering berkumpul atau masih menjadi sebuah keluarga yang memiliki frekuensi bertemu yang cukup sering. Tetapi, apa yang terjadi ketika “yang di tuakan” sudah tiada.. Biasanya frekuensi itupun berkurang. Berkurang sedikit demi sedikit hingga… hei… akhirnya tiada … Jadi yang mana saudara, yang mana sepupu, yang mana keluarga pun jadi tidak tahu…
Well, ada beberapa keluarga yang menyiasatinya dengan mengadakan arisan. Ada yang  1 bulan sekali,2 bulan sekali, 3 bulan dan seterusnya. Arisan hanya menjadi alasan untuk berkumpul saja. Tapi sebenarnya yang penting itu adalah silaturahim antar keluarga. Supaya senantiasa terjaga. Kita pun bisa mengetahui perkembangan keluarga besar kita. Apakah kita memiliki sepupu baru atau keponakan baru, dan lain sebagainya. Intinya sih silaturahim.
Tetapi apa yang terjadi jika sudah jarang berkomunikasi, dan keberatan pula ikut arisan plus jarang silaturahim.. Hmmm aku sih gak bisa berkata apa-apa lagi. Walaupun sebenernya jadi kepikiran, apakah bagi mereka itu keluarga gak ada artinya.. Kalau memang keberatan mengeluarkan uang 50ribu atau 100 ribu untuk arisan ok-lah.. Tapi kalau sudah keberatan, jarang komunikasi, gak pernah dateng pula.. Itu gimana… Blah…
There’s always a different story from everyone.. Semua pasti punya alesan. Tapi bagi aku, keluarga amatlah penting. Silaturahmi juga penting. They are our family.. Bahkan dalam Al Quran aja disebutkan kita tidak boleh memutus tali silaturahmi..
Jadi sebenernya apa sih arti sebuah keluarga bagi anda?

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.