Cumi Saos Padang ala Mio

Tadi sore kebetulan aku dan hubby pergi ke Hypermart mau beli popok untuk baby K.. Nah dijalan hubby bilang kalau dia lagi kepengen banget cumi atau udang saos padang. Pokoknya seafood yang pake saos padang.

Seumur hidupku.. Gak pernah sekalipun menyentuh apalagi makan yang namanya cumi atau udang saos padang. Tapi karena suami tumben-tumben lagi kepengen dan kebetulan kita gak bisa pergi untuk beli, akhirnya pas di Hypermart aku beli aja cumi kupas. Gak banyak sih.. Karena emang maksudnya cuma buat sedikit aja. Wong aku gak mungkin makan juga.. Hehehe..

Tadi kebetulan di sana kita juga beli sambal belibis dan lada lampung. Jadilah aku oprek-oprek nyari resep lalu di modifikasi sesuai adanya bahan dirumah. Alhamdulillah pas udah jadi, hubby dan Aunchie makan sampai ludes. Cuma ya itu.. Katanya rasanya agak soft, tapi tetep enak..

Bahan-bahannya:
300 gr Cumi kupas, potong-potong bentuk cincin, lumuri jeruk nipis, sisihkan
Minyak sedikit+1sdt mentega untuk menumis
Air, kurang lebih 75ml

Bumbu:
3 siung bawang putih, keprek
2 cm jahe, keprek
1/2 bombay, iris
2 batang daun bawang, iris
2 sdm saos Tomat
4 sdm saos sambal Belibis
1/2 sdt Garam
1 sdt Lada bubuk
1 sdt maizena, larutkan dengan sedikit air

Caranya:
1. Tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe sampai harum.
2. Masukkan cumi
3. Masukkan air, diamkan sebentar kira-kira 5 menit
4. Masukkan saos tomat, saos sambal garam dan lada bubuk
5. Masukkan daun bawang
6. Masukkan maizena, aduk hingga saos mengental, lalu angkat
7. Siap disajikan dengan nasi yang hangat.

Selamat mencoba.

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.