Kunjungan ke Posyandu

Hari rabu kemarin di mesjid diumumin kalau mau ada posyandu di mesjid deket rumah.. Kebetulan disamping mesjid itu ada TK dan biasanya Posyandu itu diadain disitu.

Nah.. Selama ini kita blom pernah ke Posyandu.. Jadi penasaran, iseng pengen kesana. Toh gratis pula.. Jadi iseng deh kesana.

Posyandu mulai jam 9 pagi.. Jam 8 kita udah siap-siap, dari baby K makan sampai baby K mandi.. Tapi akhirnya kita baru jalan ke mesjid jam 9.30 karena baby K minta jatah nen dulu..

Nah.. Disana, kita daftar dulu trus bayar Rp.1000 untuk lembar chart perkembangan baby K. Karena aku bawa buku riwayat medisnya baby K, jadi di tulis-tulis dulu deh dan dibuat grafiknya..

Hari itu baby K ditimbang.. Dan Alhamdulillah udah naik.. Skarang baby K udah 5,5kg.. Kita seneng banget beratnya udah naik.. Tapiiiiiiii.. Begitu ditulis di grafiknya, ternyata beratnya baby K, jauh dibawah normal. Bahkan digrafik ada garis merah, baby K beratnya masih dibawah garis merah itu. Sedih pasti, kaget juga. Tapi.. Aku percaya baby K itu sehat.

Alhamdulillah dari sejak dilahirkan sampai detik ini baby K masih minum ASI saja. Dia belum pernah minum susu formula ataupun susu lain bahkan setetespun.

Walau pertambahan berat badan baby K boleh dibilang iriiiiiitttt banget.. Saking iritnya pernah jarak 1 bulan cuma naik 100gr.. Tapi aku percaya sama keajaiban ASI.

Smakin baby K besar, dan smakin banyak seminar/talkshow yang aku ikutin ditambah juga banyak baca-baca, smakin yakin dan bulet tekad aku untuk kasih baby K ASI terus. Insyaallah sampai 2 tahun. Karena di Al Quran-pun disebutkan pemberian ASI sampai 2 tahun.

Ditambah lagi sejak lahir sampai sekarang usianya 7 bulan, baby K baru sekali aja sakit pilek.. Itu pun baru bulan kemarin. Dan pilek itu juga gak lama. Dengan digempur ASI dan home treatment, pilek pun hilang. Alhamdulillah skarang baby K udah sehat lagi. Dan juga dirumah orang-orang silih berganti ada yang sakit (karena cuaca dan kondisi gak fit) tapi sejauh ini, baby K sehat terus. Gak tertular sama sekali.

Sebenernya smakin kesini, smakin banyak lagi terbukti keajaiban ASI yang aku tahu dan liat di baby K.

Apakah pemberian ASI itu mudah buat aku? Apakah ASI aku banyak? Jawabannya tidak.. Pemberian ASI bagi aku seperti perjuangan tiada henti. Dan sejauh ini, ASI aku gak banjir kayak beberapa temen-temen aku. Kalau dipompa, dapet 90ml aja udah sampe berlinangan air mata saking terharunya. Blom lagi terpaan kasih sufor dari keluarga deket yang gaaaakkkk cape-cape dari sejak baby K umur 2 bulan.

Baby blues Alhamdulillah udah aku lewatin, dan ASIX 6 bulanpun Alhamdulillah udah terlewati. dan Alhamdulillah aku masih bisa bertahan kasih baby K ASI sampai detik ini. Sekarangpun aku udah mulai tabah kalau baby K beratnya naik irit-irit. Berapapun pertambahan beratnya baby K, aku bersyukur. Karena selama ini, aku juga perhatiin perkembangannya dia. Dia slalu ceria dan amat sangat aktif. Hasil pemeriksaan ke dokter-pun dia slalu dinyatakan sehat. Walaaauu beratnya kurang. Udah ada 2 dokter yang kita datengin. Dan dua-duanya menyatakan hal yang sama. Jadi.. Kalau memang dinyatakan sehat, bayi juga ceria dan aktif, kenapa aku harus misuh-misuh dan berpikir untuk kasih baby K tambahan sufor? Bahkan ibu-ibu yang di Posyandu-pun bilang selama masih ASI, gak usah khawatir. Apalagi kalau bayinya lincah dan ceria gitu.

Sekarang tinggal gimana aku coba pertahanin asupan ASI aku aja dan juga ngejaga makanannya baby K. Kalau kemarin di Posyandu dibilang, gak apa-apa beratnya kurang kalau masih ASI. Tinggal ibunya aja yang harus makan banyak dan bergizi, supaya ASI yang diproduksi-pun bisa lebih banyak dan lebih baik.. Jadi.. Sekarang.. Ayo kita makan yang banyaaaakkk.. Biar ASI-nya makin banyaaakkk..

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.